Jumat, 21 Januari 2011

TIPS PERAWATAN KUKU

Kuku yang cantik tentunya menjadi nilai plus tersendiri bagi wanita yang sangat memperhatikan penampilan. Jika kuku tampak bersih dan indah, tentunya akan membuat seorang wanita makin percaya diri. Tapi banyak orang yang menganggap bahwa kuku tidak lebih hanya sekedar pemanis bagi jari. Padahal sifatnya lebih dari itu, dimana kondisi kuku jari juga mencerminkan kesehatan serta kepribadian seseorang dengan melihat kebersihan dan juga keindahannya.
Seperti tubuh, kondisi kuku yang terawat sempurna diperoleh dari asupan nutrisi yang baik. Idealnya, kuku yang sehat akan berwarna merah muda dan cerah dan tidak mudah patah serta rapuh. Selain rapuh, kutikula yang kasar juga merupakan salah satu tanda terjadinya kekurangan kalsiumm dalam tubuh. Dengan asupan kalsium yang tepat, bukan hanya kesehatan kuku yang terjaga, tetapi juga pertumbuhan dan kesehatan tulang secara menyeluruh.
Ada beberapa kandungan nutrisi yang berperan penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehtan kuku, asalkan dikonsumsi secara teratur. Salah satunya adalah protein yang diperlukan untuk membantu proses pembentukan kalsium dikuku. Protein banyak terdapat pada makanan sehari-hari seperti ikan, ayam, atau daging merah. Selain itu, vitamin B juga diperlukan untuk membantu menguatkan kuku, sementara zinc diperlukan untuk menghilangkan bintik-bintik putih yang kerap terdapat dipermukaan kuku, sehingga kuku terlihat lebih cantik.
Perawatan dari luar pun tak kalah pentingnya selain dari asupan yang tepat. Jangan terlalu sring menggunakan pewarna kuku yang berbahan dasar kimia sehingga lama-kelamaan menyebabkan kuku menjadi rapuh dan berwarna kekuningan. Selain itu, jangan menggunakan kuku sebagai alat untuk membuka sesuatu, misalnya tutup botol atau steples, karean menyebabkan kuku menjadi rusak. Gunakanlah cream khusus untuk kuku agar kuku terjaga kelembabannya dan agar bagian kutikula tidak mudah mengelupas.
Tidak ada salahnya juga Anda melakukan perawatan kuku tangan dan kuku kaki untuk menjaga kesehatan dan keindahannya. Ada manicure (perawatan kuku tangan), pedicure (perawatan kuku kaki), aromatherapy foot spa, aromatherapy hand spa, dan juga half aromatherapy foot spa. Kesemuanya dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain merawat keindahan kuku tangan dan kaki, perawatan ini juga berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot di sekitar tangan dan kaki agar peredaran darah menjadi lancar.


Sumber : http://aksesoriswanita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar